Jumat, 28 Februari 2014
2 komentar

Contoh Soal Cerita Bahasa Indonesia (3 SD)

 

Bacalah bacaan di bawah ini ! 


Setiap hari aku bangun pukul 05.30 WIB. Tidak lupa, aku juga selalu membereskan tempat tidurku sendiri. Aku sengaja selalu bangun pagi-pagi supaya tidak terlambat ke sekolah, walaupun jarak sekolah dengan rumahku tidak terlalu jauh. Bila hari Minggu tiba, aku juga tidak bermalas-malasan. Bangun tetap pagi-pagi. Udara pagi terasa segar dan menyehatkan. Hati riang menyambut datangnya siang. 


Kegiatanku di hari Minggu, aku suka ikut membantu keluargaku. Seperti minggu yang lalu, keluargaku membuat kolam ikan hias. Ayah membawa cangkul dan peralatan lainnya dibantuk Kak Ocim. Ibu dan kak Eni sedang memilih tanaman yang akan ditanam. Ada bunga mawar, bunga melati, bunga matahari juga ada. Aku membantu mengambilkan pupuknya dari belakang rumah. Tetapi …….. aduh ! Kakiku tersandung batu dari kolam yang dibuat ayah. Ibu dan kak Eni membantuku untuk bediri. Ibu menasihatiku supaya aku berhati-hati.


Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan wacana di atas !


  1. Pukul berapa aku bangun ?

………………………………………………………………………………………………………………….

  1. Apa yang aku lakukan setelah bangun tidur ?

…………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Bagaimana udara di pagi hari ?

…………………………………………………………………………………………………………………..

  1. Kapan keluargaku membuat kolam ikan hias ?

…………………………………………………………………………………….

  1. Apa yang dibawa ayah

…………………………………………………………………………………….

  1. Apa yang dilakukan kak Ocim ?

…………………………………………………………………………………….

  1. Apa yang dilakukan kak Eni ?

…………………………………………………………………………………….

  1. Bunga apa saja yang ditanam ibu ?

…………………………………………………………………………………….

  1. Apa yang terjadi padaku ?

……………………………………………………………………………………

  1. Bagaimana nasihat ibu padaku ?

…………………………………………………………………………………….

2 komentar:

 
Toggle Footer
Top